Cara Mendapatkan Beasiswa Inggris Dengan Mudah

Cara Mendapatkan Beasiswa Inggris Dengan Mudah

Beasiswa Inggris – Jika mengerti bagaimana cara mendapatkan beasiswa Inggris, pastinya beasiswa tidak akan sulit didapatkan. Kebanyakan orang yang ingin mendapatkan beasiswa termasuk beasiswa di Inggris enggan mempelajari tips bagaimana agar beasiswa mudah didapat.

Beasiswa yang sebenarnya mudah didapatkan dan dipersiapkan menjadi terlihat sulit diraih. Akibatnya, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan studi dan mengubur mimpi meraih gelar tinggi.

Padahal, saat ini untuk bisa mendapatkan beasiswa luar negeri termasuk beasiswa Inggris sangatlah terbuka lebar. Inggris memang masih menjadi negara tujuan untuk kelanjutan studi karena kualitas pendidikan yang memang sangat baik. Lalu apa lagi yang masih menjadi alasan tidak kuliah di Inggris?

Sangat dimaklumi, para lulusan baru atau para pencari beasiswa baru pastinya kesusahan untuk mencari beasiswa kuliah di Inggris. Minimnya pengalaman memang sangat mempengaruhi. Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas bagaimana bisa didapatkannya beasiswa Inggris.

Tips Lolos Beasiswa Inggris

okezone.com

Seperti yang telah dijelaskan tadi, mendapatkan beasiswa Inggris sebenarnya mudah. Asalkan, Anda mengetahui apa saja tips untuk lolos beasiswa kuliah di Inggris. Untuk membantu Anda lolos beasiswa Inggris, berikut adalah tips penting yang harus diperhatikan:

1. Meningkatkan Kemampuan Akademik

Sebagai gambaran umum, negara di Eropa memang tidak terlalu memuja para peraih nilai akademis tinggi. IPK bukanlah segalanya untuk memperoleh beasiswa dan bisa kuliah di Inggris. Namun, bukan berarti kemampuan akademik bisa diabaikan.

Syarat umum agar bisa mendapatkan kesempatan kuliah di Inggris dan bisa mendapatkan beasiswa adalah kemampuan akademis. Maka dari itu, persiapkan dan selalu tingkatkan kemampuan akademik jika ingin lolos beasiswa di Inggris.

2. Bergabung Dengan Organisasi

Beberapa pendonor atau lembaga pemberi beasiswa akan melirik orang yang memiliki pengalaman atau sedang bergabung dalam organisasi. Dalam hal ini menunjukkan bahwa seseorang tersebut tidak hanya pintar dalam akademis namun juga pintar berbaur.

Untuk memperbesar diterimanya beasiswa kuliah di Inggris, ada baiknya Anda bergabung dengan suatu organisasi. Berbagai organisasi bisa diikuti misalnya organisasi kampus atau luar kampus yang bergerak dikepemudaan atau sosial.

2. Relawan Sosial

Bukan hanya bergabung dengan organisasi, namun ada baiknya Anda memiliki pengalaman menjadi relawan sosial. Negara di Eropa termasuk Inggris sangat suka dengan pendaftar beasiswa yang gemar menjadi relawan sosial.

Begitu pula dengan beasiswa yang didapatkan dari dalam negeri, dengan pernah mendapatkan pengalaman menjadi relawan semakin terbuka juga peluang mendapatkan beasiswa dalam negeri untuk kuliah di Inggris.

3. Latih Kemampuan Bahasa

Soal bahasa, agar diterima beasiswa Inggris bisa dibutuhkan dari dua hal. Yang pertama kemampuan bahasa dengan dibuktikan sertifikat tertentu atau diuji secara langsung oleh pemberi beasiswa.

Untuk kemampuan bahasa yang dibuktikan dengan sertifikat tertentu, sudah pasti mengacu pada skor TOEFL IBT. Untuk negara di Eropa khususnya di Inggris, tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris adalah TOEFL IBT bukan IELTS.

Berapa skor minimal yang harus dimiliki? Sejatinya masing-masing pemberi beasiswa bisa memiliki batas minimal skor TOEFL IBT yang berbeda-beda untuk menjadi syarat beasiswa. Namum umumnya berada diatas 70.

Sebagai gambaran, syarat beasiswa dari LPDP untuk program magister adalah memiliki skor TOEFL IBT sebesar 75 bagi pendaftar yang mengantongi LoA atau skor 80 bagi yang tidak mengantongi LoA.

4. Rekomendasi

Surat rekomendasi dan bahkan wawancara dari seseorang yang memberikan rekomendasi biasanya menjadi syarat untuk mendapatkan beasiswa. Artinya, Anda harus menemukan siapa orang yang bisa memberikan rekomedasi Anda layak mendapatkan beasiswa.

Pemberi rekomendasi haruslah berasal dari orang yang mengerti betul rekam jejak Anda dan memiliki kompetensi. Bisa berasal dari kalangan pengajar atau kampus, bisa juga berasal dari atasan kantor jika sudah bekerja.

5. CV yang Memiliki Nilai Jual

Membuat CV janganlah asal-asalan. Pembuatan CV yang baik bisa memperbesar kemungkinan Anda mendapatkan beasiswa termasuk untuk kuliah di Inggris. Itulah mengapa CV menjadi bagian penting

CV yang baik adalah CV yang bisa menggambarkan diri Anda dengan jelas namun dalam bentuk yang singkat, padat dan informatif.

6. Menulis Esai

Banyak program beasiswa yang mewajibkan para calon penerima untuk menulis esai dengan tema tertentu. Contohnya adalah beasiswa yang diberikan dari Dikti atau dari LPDP.

Menulis esai juga harus dilatih dengan baik agar mampu membuat tulisan sesuai tema dan juga menarik untuk dibaca sehingga bisa membuat anda lolos mendapatkan beasiswa Inggris.

7. Surat Motivasi

Motivation letter atau surat motivasi sejatinya berisi apakah Anda layak mendapatkan beasiswa atau tidak. Surat motivasi bukan berisi kalimat mengemis beasiswa namun lebih kepada mengapa Anda layak diberikan beasiswa.

Ceritakan langkah apa yang ingin dicapai jika nantinya mendapatkan beasiswa Inggris. Bukan hanya soal kuliah saja, namun juga mimpi apa yang ingin dicapai ketika telah menempuh kuliah di Inggris.

Untuk beasiswa dari pemerintah, diwajibkan pula menulis seperti apa keinginan Anda mendapatkan beasiswa dan kuliah Bdi Inggris serta membawa pulang ke Indonesia mengenai semua ilmu di bidang yang Anda geluti.

Leave a Reply