Cara Dapatkan Beasiswa Jepang Program Magister Dan Doktoral

Cara Dapatkan Beasiswa Jepang Program Magister Dan Doktoral

Beasiswa Jepang – Dalam artikel ini akan diberitahukan kepada Anda bagaimana cara mendapatkan beasiswa Jepang. Beasiswa yang akan diberikan baik beasiswa untuk program magister maupun program doktoral secara umum untuk kuliah di Jepang.

Jepang menjadi salah satu tujuan untuk studi karena memang memiliki kualitas pendidikan yang baik. Harus diakui, terdapat beberapa universitas kelas dunia yang ada di Jepang dan memang sangat menjanjikan untuk karir yang cemerlang.

Hal ini tentu saja sangat menggiurkan bagi para sarjana yang ingin melanjutkan studinya. Jepang menjadi salah satu negara yang sangat menerima warga Indonesia dan memang sudah terbukti dari banyaknya warga negara Indonesia yang menempuh ilmu di Negeri Sakura.

Namun, sama halnya dengan mendapatkan beasiswa luar negeri di negera manapun, maka akan ada sejumlah usaha yang harus dilakukan. Agar bisa mendapatkan beasiswa Jepang program magister dan doktoral memang tidaklah mudah.

Kunci Mendapatkan Beasiswa Jepang Program Magister Dan Doktoral

ppi-tokodai.net

Ketika membahas cara mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Jepang, tentu saja harus memenuhi semua syarat atau kualifikasi agar bisa menempuh studi di sana dan menerima beasiswa. Masing-masing pemberi beasiswa pun memiliki syarat tersendiri yang harus dipenuhi oleh para pendaftar.

Namun, ada beberapa kunci sukses untuk mendapatkan beasiswa Jepang program magister dan doktoral. Kunci yang dimaksud di sini adalah cara-cara yang harus diketahui dan harus dimiliki agar kesempatan mendapatkan beasiswa bisa terbuka lebar.

Seperti apa sajakah beasiswa Jepang program magister dan doktoral? Langsung saja inilah penjelasan lengkapnya untuk Anda.

1. Berdasarkan pengalaman dari para penerima beasiswa, Jepang merupakan negara yang sangat kuat jati dirinya.

Hal ini berpengaruh pada mahasiwa yang ingin mendapatkan beasiswa dari pemberi beasiswa atau pendonor yang berasal dari Jepang.

Beasiswa yang diberikan dari Jepang misalnya dari universitas di Jepang, biasanya mewajibkan seseorang untuk mengenal budaya dan bahasa Jepang. Tidak perlu harus langsung mahir atau hapal, namun harus memulai untuk mempelajarinya.

Pemahanan mengenai budaya dan bahasa Jepang bisa dites baik melalui wawancara langsung maupun tidak langsung. Khusus untuk bahasa Jepang, bisa juga diujikan dan harus memiliki sertifikat khusus yang menunjukan kemampuan berbahasa Jepang.

2. Memperbaiki IPK

Walau bukan syarat mutlak, namun IPK yang tinggi bisa memperbesar kemungkinan diterimanya Anda untuk studi magister atau doktoral di Jepang dan mendapatkan studi. Hampir semua pemberi beasiswa baik akan memperhatikan IPK.

3. Menentukan Pemberi Beasiswa

Beasiswa untuk kuliah di Jepang seperti biasa memungkinkan Anda untuk mendapatkan beasiswa dari dalam negeri maupun dari negara Jepang. Artinya, Anda bisa menentukan beasiswa mana yang ingin diusahakan.

Dari dalam negeri, yang paling sering dipilih adalah beasiswa dari pemerintah. Tetapi perlu diperhatikan, ada beberapa konsekuensi yang harus diambil jika Anda mendapatkan beasiswa dari pemerintah.

Konsekuensi yang dimaksud adalah kesediaan untuk pulang ke Indonesia setelah lulus studi magister atau doktoral nantinya dan juga bersedia untuk tidak menerima beasiswa lain saat kuliah di Jepang.

Kedua hal tersebut akan mendapatkan godaan berat karena bisa saja ada peluang beasiswa lain di Jepang yang lebih besar dan ketika sudah lulus nanti akan ada penawaran pekerjaan yang begitu menggiurkan.

Jika memilih beasiswa dari Jepang, umumnya banyak orang mengusahakan beasiswa dari universitas yang dituju. Cukup banyak universitas yang membuka kesempatan untuk putra-putri terbaik Indonesia mendapatkan beasiswa untuk kelangsungan studi dan juga biaya hidup di Jepang.

4. LoA

Khusus untuk beasiswa yang didapatkan dari dalam negeri, LoA menjadi surat sakti yang memperbesar kemungkinan Anda mendapatkan beasiswa Jepang program magister dan doktoral.

LoA merupakan surat diterimanya seseorang di suatu universitas. Jika sudah mengantongi LoA, biasanya para pendonor baik dari pemerintah maupun swasta akan sangat membuka peluang untuk didapatkannya beasiswa.

Namun perlu diketahui, mendapatkan LoA tidaklah mudah. Anda pun jika ingin mendapatkan LoA harus mengerti betul kemauan universitas yang dituju mengenai persayaratan mendapatkan LoA.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan LoA secara mandiri pun bisa sangat besar. Namun memang ada saja universitas yang membebaskan biaya pendaftaran apapun bagi semua calon pendaftar termasuk dari Indonesia.

Jika Anda tidak berhasil mendapatkan LoA, jangan berkecil hati terlebih dahulu karena LoA bukan syarat wajib untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Jepang dari pendonor dalam negeri.

Namun, sangat perlu diusahakan dengan esktra untuk mendapatkan LoA. Walau sulit dan memakan waktu yang cukup lama, jika LoA berhasil didapatkan maka beasiswa pun akan sangat mudah didapatkan.

Itulah tadi beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin mendapatkan beasiswa Jepang program magister dan doktoral. Beberapa hal tersebut sudah terbukti pengantarkan banyak orang mendapatkan dukungan finansial untuk kuliah di negara Jepang.

Leave a Reply