Info Penting Beasiswa LPDP Luar Negeri

Info Penting Beasiswa LPDP Luar Negeri

Beasiswa LPDP Luar Negeri – Tahukah Anda apa saja yang harus diperhatikan untuk mendapatkan beasiswa LPDP luar negeri? Beasiswa dari pemerintah ini terbilang baru namun langsung diminati oleh banyak orang. Untuk Anda yang ingin mendapatkannya, perlu sekali mengetahui serba-serbi beasiswa LPDP.

Beasiswa dari pemerintah ini merupakan beasiswa umum yang bisa diberikan kepada masyarakat Indonesia baik untuk studi magister maupun doktoral. Beasiswa LPDP mencakup banyak bidang sehingga memungkinkan masyarakat Indonesia untuk menempuh studi sesuai bidangnya.

Namun karena beasiswa LPDP ini benar-benar menjamin kelangsungan hidup dan kuliah di luar negeri, maka dari itu beasiswa ini tidak diberikan sembarangan. Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan dan memang membutuhkan kegigihan dan ketelitian untuk mendapatkannya.

Cara Mendapatkan Beasiswa LPDP Luar Negeri

beasiswagea.wordpress.com

Bagi Anda yang belum tahu, ada beberapa hal yang bisa dijadikan tips untuk mendapatkan beasiswa LPDP luar negeri. Untuk membantu Anda yang sedang kesulitan mencari beasiswa LPDP di luar negeri maka di sini akan diberikan informasinya untuk Anda.

1. Penuhi Persyaratan

Secara rinci, persyaratan beasiswa LPDP baik untuk di luar negeri maupun di dalam negeri bisa dilihat di website resmi LPDP dari kementrian keuangan. Namun, ada beberapa poin khusus yang perlu sekali diperhatikan dengan seksama.

Syarat pertama yang perlu sekali disiapkan adalah tentang syarat kesehatan. Anda yang ingin mendapatkan beasiswa LPDP untuk kuliah di luar negeri maka harus menyertakan keterangan sehat dan bebas narkoba serta juga bebas TBC.

Syarat tentang kesehatan ini tidak bisa sembarangan karena ada dua poin khusus yang harus diperhatikan. Yang pertama harus dari lembaga atau dokter yang berwenang dan juga tidak boleh lebih dari enam bulan dihitung dari pendaftaran beasiswa.

Selain soal kesehatan, syarat kedua yang harus juga dipahami dengan seksama adalah kesediaan untuk kembali ke Indonesia. Setelah menempuh studi, mahasiswa penerima beasiswa LPDP harus bersedia untuk kembali dan turut membangun Indonesia.

Hal ini merupakan hal yang tidak sulit untuk Anda yang memang memiliki niat membangun negeri. Namun perlu diingat, ketika sudah lulus nanti banyak kemungkinan yang bisa membuat Anda enggan untuk kembali ke Indonesia.

Contoh nyata dan paling sering terjadi adalah soal tawaran kerja di luar negeri yang begitu besar gajinya jika dibandingkan dengan gaji di Indonesia. Hal ini perlu dipersiapkan karena memang kontrak beasiswa LPDP harus kembali ke negera Indonesia.

2. LoA

Letter of Acceptance atau LoA merupakan syarat yang tidak wajib dimiliki ketika mendaftar beasiswa LPDP ke luar negeri. Namun faktanya, jika sudah mendapatkan LoA maka besar sekali peluang untuk mendapatkan beasiswa dari pemerintah ini.

LoA bukan syarat yang wajib ada ketika mendaftar beasiswa. Namun, mendapatkan LoA terlebih dahulu bisa dibilang merupakan trik atau kunci agar pemohonan beasiswa LPDP Anda benar-benar diterima.

Untuk mendapatkan LoA caranya tidak mudah. Langkah yang harus diperhatikan adalah mencari tahu syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kepastian Anda diterima di universitas tersebut.

Tidak ada syarat baku yang seragam untuk semua universitas di seluruh dunia. Bahkan, universitas dalam satu negara pun bisa memiliki syarat yang berbeda untuk calon mahasiswa yang ingin diterima.

3. Surat Motivasi

Surat motivasi merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi. Surat motivasi ini berisi tentang mengapa Anda layak untuk mendapatkan beasiswa. Umumnya, surat motivasi ini berisi tentang keinginan untuk menempuh studi agar bisa nantinya membangun negeri.

4. Tidak Menerima Beasiswa Lain

Ketika memutuskan untuk mendaftar beasiswa LPDP luar negeri, maka dilarang untuk menerima beasiswa lainnya baik dari pemberi beasiswa dalam negeri maupun pemberi beasiswa ketika telah kuliah di luar negeri.

Beasiswa LPDP umumnya sangat menjamin kelangsungan hidup saat berada di luar negeri. Tetapi jika Anda ingin tidak hanya biaya studi saja, maka perhatikan dengan seksama saat mengisi formulir agar bisa mendapatkan keseluruhan kebutuhan saat berada di luar negeri.

Selain hal-hal teknis yang bisa mendekatkan Anda pada beasiswa LPDP luar negeri, ada juga beberapa cara lain yang juga bisa membuka peluang Anda mendapatkan beasiswa. Beberapa hal tersebut bisa menjadi nilai plus agar beasiswa semakin mudah didapat.

Contoh pertama adalah mengikuti organisasi dan menjadi relawan sosial. LPDP sangat membuka kesempatan bagi seseorang yang ingin menempuh studi dan memiliki nilai akademis yang baik namun juga harus memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Dan jika Anda benar-benar ingin lebih siap dalam mendapatkan beasiswa di luar negeri, Anda bisa mencari bantuan dari banyak orang. Misalnya, mencari kenalan orang yang telah menerima beasiwa LPDP dan juga turut mengikuti workshop atau bimbingan beasiswa LPDP ke luar negeri.

Lagipula, saat ini pun banyak lembaga yang memberikan bimbingan kuliah ke luar negeri termasuk untuk mendapatkan beasiswa LPDP luar negeri. Dengan mengikuti bimbignan tersebut, bukan hanya akan terbantu mempersiapkan beasiswa namun juga bisa membuat Anda lebih fokus.

Leave a Reply