Tips Mendapatkan Beasiswa Universitas Luar Negeri

Tips Mendapatkan Beasiswa Universitas Luar Negeri

Beasiswa Universitas Luar Negeri – Bagaimana caranya mendapatkan beasiswa universitas luar negeri? Ada banyak sekali cara dan tips yang bisa dijadikan jalan menuju didapatkannya dukungan finansial atau sponsor untuk menempuh kuliah di luar negeri. Namun, secara garis besar jalan tersebut tidaklah mudah.

Untuk Anda yang sedang berusaha mencari beasiswa di luar negeri, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan yang juga sekaligus menjadi tips mendapatkan beasiswa. Bagi Anda yang belum tahu, di sini akan diberikan tips tersebut untuk Anda.

Dalam artikel ini akan dibedakan menjadi dua hal yang sejatinya mirip namun ada sedikit perbedaan. Perbedaan tersebut adalah mengenai beasiswa yang didapatkan dari universitas di luar negeri dan juga beasiswa dari manapun untuk menempuh kuliah di luar negeri.

Membuka Peluang Mendapatkan Beasiswa Universitas Luar Negeri

www.aegisedu.org

Untuk beasiswa yang didapatkan dari suatu universitas di luar negeri, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Agar lebih jelas mengenai beasiswa universitas luar negeri, simaklah poin-poin berikut ini.

1. LoA

Diterimanya Anda pada suatu universitas tentu menjadi syarat mutlak. Bagaimana bisa mendapatkan beasiswa pada suatu universitas jika untuk diterima saja belum ada kejelasan.

2. Mempersiapkan Syarat-syarat Umum

Syarat umum untuk mendapatkan beasiswa dari suatu universitas luar negeri harus benar-benar dipersiapkan. Salah satunya adalah bebas TBC dan surat keterangan sehat. Universitas di luar negeri sangat memperhatikan kesehatan dari calon penerima beasiswa.

Syarat lainnya pun juga harus disiapkan contohnya saja menulis esai. Hampir semua pemberi beasiswa dari instansi universitas yang memberikan syarat ini untuk melihat kemampuan calon penerima beasiswa.

Syarat surat motivasi pun perlu juga disiapkan dengan baik agar universitas mau memberikan beasiswa dan menilai Anda layak mendapatkannya.

3. Rekomendasi

Rekomendasi atau penjamin sangat penting untuk memperbesar peluang mendapatkan beasiswa. Baik untuk Anda yang telah diterima di suatu universitas di luar negeri maupun Anda yang baru akan berangkat, perlu dicari orang yang bisa memberikan rekomendasi.

Contoh orang yang bisa memberi rekomendasi dan memperbesar peluang mendapatkan beasiswa adalah pengajar ketika menempuh studi sebelumnya, atau juga atasan di kantor.

4. Mengikuti Kegiatan Sosial

Mengikuti kegiatan sosial atau menjadi relawan sosial sangat memperbesar kemungkinan mendapatkan beasiswa dari universitas di luar negeri. Hal ini menunjukkan adanya nilai lebih dari seorang mahasiswa selain dari sisi akademisnya.

Lebih disarankan, untuk mendapatkan beasiswa universitas luar negeri maka usahakan ikuti kegiatan sosial di negara universitas tersebut. Tetapi jika belum berangkat ke luar negeri, bisa juga menjadi relawan di Indonesia agar memiliki nilai plus saat mendaftar beasiswa.

5. Persyaratan Akademis

Universitas di luar negeri memang rata-rata  tidak terlalu memuja IPK. Namun, bukan berarti dari sisi nilai akademis bisa dikesampingkan.

Jika telah menempuh studi namun belum mendapatkan beasiswa, maka usahakan IPK yang didapatkan merupakan IPK yang baik dan menjual. Jika baru akan mendaftar studi, tentu saja IPK menjadi nilai jual yang sangat berharga agar mendapatkan beasiswa.

Itu tadi beberapa hal yang bisa diperhatikan dengan seksama agar bisa mendapatkan beasiswa universitas luar negeri. Namun seperti yang telah disinggung diawal, ada dua makna dari beasiswa universitas luar negeri.

Jika tadi beasiswa yang khusus didapatkan dari suatu universitas, maka kini akan dibahas beasiswa yang bisa didapatkan dari mana saja. Ya, bukan hanya dari universitas yang dituju saja namun juga ada pemberi beasiswa lain yang bisa dimintai sponsor untuk menempuh kuliah di luar negeri.

Pemberi beasiswa yang paling dikenal oleh masyarakat tentunya beasiswa dari pemerintah contohnya LPDP dan Dikti. Untuk LPDP merupakan beasiswa umum yang diberikan dari kementrian keuangan sedangkan Dikti tentu saja untuk orang yang berada dalam lingkaran dunia pendidikan.

Persyaratan untuk menerima beasiswa dari pemerintah cukup banyak. Namun kuncinya, ada pada LoA. Jika Anda telah berhasil mendapatkan keputusan bahwa Anda diterima di suatu universitas terkemuka dunia, maka besar kemungkinan Anda akan didanai oleh pemerintah.

Namun memang, untuk mendapatkan LoA ini dibutuhkan usaha ekstra dan juga kegigihan. Dan juga, tidak jarang untuk mendaftar kuliah di luar negeri secara mandiri bisa mengeluarkan banyak uang. Tetapi jika telah didapatkan LoA, maka kesempatan beasiswa menjadi terbuka lebar.

Selain itu, khusus untuk beasiswa dari pemerintah untuk studi di luar negeri, ada syarat lain yang harus dipenuhi. Syarat tersebut adalah kontrak atau perjanjian bahwa nantinya setelah lulus harus kembali ke Indonesia.

Hal ini tentu saja wajar karena pemerintah ingin warga negara yang telah dibiayai studinya bisa kembali dan turut membangun negeri. Adanya kontrak tersebut tentu bukan syarat yang susah jika memang ada kecintaan terhadap negara.

Selain beasiswa universitas luar negeri dari pemerintah, ada juga beasiswa-beasiswa lainnya yang bisa didapatkan misalnya beasiswa dari perusahaan, beasiswa presiden, dan juga beasiswa dari lembaga non-universitas lainnya baik dari dalam negeri maupun dari lembaga di luar negeri.

Baca juga: Bimbingan Beasiswa Universitas Luar Negeri? Workshop KKLN Solusinya!

Leave a Reply