Meraih Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Meraih Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di Luar Negeri – Artikel ini akan memotivasi Anda untuk meraih beasiswa kuliah di luar negeri. Dengan mengetahui bagaimana cara meraihnya dan mengetahui serba-serba beasiswa kuliah luar negeri, diharapkan Anda yang membaca ini bisa tergugah untuk melanjutkan kuliah di negeri orang.

Indonesia masih sering menyekolahkan putra-putri bangsa di luar negeri. Hal ini tidak bisa dipungkiri lantaran kualitas pendidikan seperti di Australia, Amerika, Inggris, Jepang, atau misalnya di Singapura, masih berada kualitasnya dibanding Indonesia.

Namun, masyarakat Indonesia yang ingin menempuh kuliah di luar negeri saat ini sudah sangat mudah. Terbukanya akses informasi menjadikan siapa saja kini memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Ya, beasiswa kuliah di luar negeri bisa didapatkan dengan mudah asalkan mengetahu cara-caranya. Untuk membantu Anda agar terdorong dan terbaru kuliah di negeri dengan mendapatkan beasiswa, kali ini akan dibahas mengenai cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Serba-Serbi Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri

malesbanget.com

Sebelum membahas tentang cara-cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, perlu diketahui beberapa hal penting terlebih dahulu. Beasiswa yang bisa didapatkan untuk kuliah di luar negeri bisa dua macam, yaitu beasiswa dalam negeri dan luar negeri.

Beasiswa yang berasal dari dalam negeri berasal dari lembaga swasta dan juga pemerintah di Indonesia. Beasiswa yang paling dikenal saat ini adalah LPDP. Beasiswa dari kementrian keuangan ini membuka kesempatan untuk putra bangsa terbaik yang ingin menempuh kuliah di luar Indonesia.

Sedangkan untuk beasiswa dari luar negeri, bisa berasal dari universitas tempat mahasiswa bersangkutan belajar maupun dari lembaga non universitas. Beasiswa dari universitas biasanya lebih populer karena bisa diupayakan diawal sehingga membantu sejak berangkat ke negera tersebut.

Lalu apa saja tips untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri? Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda:

1. Mempersiapkan Persyaratan Jauh-jauh Hari

Berbagai persyaratan yang harus dipenuhi agar mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri tidaklah sederhana. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan bahkan bisa memakan waktu yang lama.

Jika ingin bisa menempuh kuliah di luar negeri dan bisa mendapatkan dukungan dana dari beasiswa, maka perlu mempersiapkan seluruh persyaratan sejak dini. Jangan menunggu lulus atau terlalu dekat dengan deadline karena bisa sangat berakibat fatal.

2. Mendalami Persyaratan-persyaratan Khusus

Perlu diketahui terlebih dahulu, beasiswa bisa didapatkan dengan memenuhi segala persyaratan yang diterapkan. Namun masalahnya, masing-masing pemberi beasiswa bisa saja menerapkan syarat-syarat yang berbeda-beda.

Dari berbagai syarat yang ada, pastinya ada syarat yang sama dari berbagai pemberi beasiswa. Syarat umum tersebut pastinya mudah dipenuhi dan disiapkan. Namun bagaimana syarat-syarat khususnya?

Syarat khusus misalnya adanya kesanggupan untuk mengenal budaya dan bahasa dari pemberi beasiswa. Misalnya beasiswa dari universitas di Jepang yang mengharuskan warga Indonesia mau dan sanggup mengenal bahasa dan juga budaya Jepang.

Syarat khusus lainnya adalah kesanggupan untuk diuji terlebih dahulu sebelum mendapatkan beasiswa. Bisa dimungkinkan, pemberi beasiswa dari luar negeri ingin bertemu dan menguji terlebih dahulu agar lebih pasti tidak salah memberikan beasiswa.

Dengan mengetahu syarat-syarat khusus tersebut, Anda lebih bisa menyiapkannya dan bisa berharap lebih besar mendapatkan beasiswa. Maka dari itu, kenali betul persyaratan yang diterapkan oleh pemberi beasiswa.

3. Mempersiapkan Nilai Jual

Nilai jual disini memiliki hal-hal penting yang bisa menjadikan Anda diterima permohonan beasiswanya. Nilai jual disini bukanlah skor TOEFL atau IELTS yang memang sudah pasti wajib dipenuhi jika ingin kuliah di luar negeri.

Ada beberapa hal yang bisa mendekatkan Anda pada beasiswa kuliah di luar negeri contohnya aktif berorganisasi, memiliki pengalaman relawan sosial, memiliki tujuan yang jelas setelah menempuh studi yang ditulis di surat motivasi, dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang memiliki pengalaman menjadi relawan sosial, sangat memiliki nilai jual atau nilai plus karena biasanya pemberi beasiswa suka dengan pandaftar yang tidak hanya pintar secara akademis saja namun juga pintar dalam hal sosial kemasyarakatan.

4. Mendapatkan LoA

Jika ingin mendapatkan beasiswa dalam negeri dengan mudah, pastikan Anda mendapatkan LoA. Dikantonginya LoA bisa sangat membuka lebar kemungkinan Anda mendapatkan beasiswa seperti misalnya LPDP.

Maka dari itu, persiapkan diri dan persyaratan agar bisa mendapatkan LoA yang menunjukkan Anda diterima di suatu universitas dan barulah mencari beasiswa.

Selain itu, perlu juga diketahui beberapa hal terkait dengan beasiswa kuliah di luar negeri. Misalnya, kesediaan untuk kembali ke Indonesia setelah selesai menempuh studi.

Sekilas syarat ini sangat mudah dipenuhi karena hanya tinggal memberikan kesediaan saja. Namun perlu diketahui, kontrak ini bersifat wajib dilakukan. Anda yang nantinya mendapatkan beasiswa wajib kembali pulang setelah studi selesai.

Hal ini berarti Anda harus tetap konsisten pulang ke Indonesia dan membangun negeri apapun alasannya. Termasuk juga jika ada tawaran bekerja di negara tempat Anda menempuh studi walau bayarannya sangat tinggi.

Baca juga: Bimbingan Beasiswa S1 S2 S3 Kuliah di Luar Negeri? Workshop KKLN Solusinya!

Leave a Reply